Minggu, 01 Januari 2012

Selamat tahun baru 2012......


Tahun 2011 telah berlalu menuju tahun 2012, banyak kejadian yang telah dilalui oleh para pelaku budidaya Udang dengan segala macam permasalahan dan tantangan baru, banyak yang berhasil memecahkan masalah yang dihadapi tapi tidak sedikit juga yang gagal. Semakin beragamnya jenis masalah mulai dari sistem budidaya yang lagi “tren” untuk mendongkrak produksi maupun anjloknya harga udang menjelang akhir tahun 2011.


Dengan bertambahnya usia dunia perudangan Indonesia dan dunia ternyata masih banyak kendala penyakit yang belum teratasi dengan baik, merebaknya WSSV di beberapa tempat dan Myo di tempat yang lain masih menjadi “momok” yang setiap saat dapat menghancurkan dan memporakporandakan produksi udang dunia.

Banyaknya seminar dan pelatihan perikanan yang diadakan beberapa lembaga ternyata tidak menjadikan dunia perudangan jadi “sepi” dari masalah. Satu masalah terselesaikan, masalah yang lain muncul. Bagaikan seorang petualang teknisi budidaya beradaptasi dari satu sistem budidaya ke sistem yang lain. Konsep Biosecurity, Bioflok, Semi Flok, penggunaan Probiotik, Benur SPF maupun SPR, Produk Vitamin & mineral dengan nutrisi lengkap semakin meramaikan “arena” persaingan produksi udang dunia.

Semakin kompleknya masalah di lapangan menuntut kecepatan dan ketepatan analisa seorang teknisi budidaya sehingga memerlukan kesiapan pelaku budidaya untuk terus belajar menyikapi setiap perkembangan kondisi dan teknologi budidaya yang ada. Untuk itu janganlah terlalu apriori terhadap sistem budidaya baru yang sedang berkembang tetapi juga terlalu cepat untuk menerapkan sistem baru yang belum kita kuasai sistemnya secara detail jadi diperlukan kearifan dan kebijaksanaan untuk menerapkan teknologi baru untuk mendongkrak produksi dengan mencermati daya dukung lahan, peralatan dan keuangan yang dimiliki.

Akhirnya  selamat tinggal 2011, selamat datang 2012 semoga di tahun 2012 nanti semakin banyak ditemukan solusi terhadap masalah yang ada sehingga harapan keberhasilan di tahun mendatang semakin besar. Salam Sukses.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar